SEKILAS INFOSelamat Datang Di Website Dinas Perhubungan Kab. Musi Rawas Utara

Diklat Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Musi Rawas Utara 2019

Bookmark and Share
Senin, 19 Agustus 2019 - 22:47:06 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 22 » Umum

Bappeda melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Musi Rawas Utara tanggal 19 s/d 21 Juni 2019.

Acara dibuka langsung Bupati Musi Rawas Utara H. Syarif Hidayat, dihadir seluruh kepala dan perwakilan OPD, Nara Sumber dari Perencana Bappenas (APPI) Drs. I Nyoman Sunata,M.Pd, nara sumber dari Provinsi Sumsel Sunarsip, S.Kom, staf Bappeda serta seluruh peserta diklat dari Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Musi Rawas Utara.
Bupati dalam sambutannya mengatakan dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemrintahan Daerah dan Permendagri 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahannya dan RKPD Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara. Kesempatan ini juga Bupati mengatakan melalui pelatihan ini agar dipahami regulasi yang berlaku dalam menyusun dokumen perencanaan tersebut agar OPD dapat menyusun rencana strategis dan rencana kerja dengan melakukan pembenahan parameter penting dengan melakukan restrukturisasi program kegiatan sesuai prioritas, sehingga pembiayaan program dan kegiatan memiliki dampak yang besar terhadap pencapaian sasaran pembangunan yang merupakan penjabaran dari visi misi Bupati sebagaimana tertuang dalam RPJMD Tahun 2016-2021.
Bupati berharap agar peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat dan dapat di implementasikan dalam menyajikan dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Musi Rawas Utara yang lebih baik, pungkasnya.

Kepala Bappeda Erwin Syarif, ST. MT.
Dalam laporannya mengatakan 
Merujuk pada hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Musi Rawas Utara selama tiga tahun terakhir yang masih menunjukkan hasil yang belum optimal, direkomendasikan untuk dilakukan evaluasi terhadap 6 (enam) aspek penyelenggaran SAKIP, terutama pada aspek perencanaan yaitu pada Rencana Strategis yang merupakan dokumen perencanaan instansi pemerintah dalam periode 5 (lima) tahunan. Rencana strategis ini menjadi dokemen perencanaan untuk arah pelaksanaan program dan kegiatan dan menjadi landasan dalam penyelenggaraan SAKIP.
Dalam laporannya juga Kepala Bappeda mengatakan, Parameter penting dalam pembenahan aspek perencanaan adalah perlu dilakukannya restrukturisasi Program Kegiatan yang dilaksanakan. 
Tujuan restrukturisasi program dan kegiatan adalah agar penerapan Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah (KPJM), Anggaran Berbasis Kinerja, dan Anggaran Terpadu dapat dioptimalkan, untuk mewujudkan perencanaan yang berorientasi kepada hasil (outcome) dan keluaran (output) sebagai dasar penerapan akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah maupun Organisasi Perangkat Daerah. Dan akan menjadi salah satu acuan bagi Kepala OPD dalam penyusunan Rencana Kerja Tahun 2020.
Dalam restrukturisasi program dan kegiatan, dengan memperhatikan struktur perencanaan kebijakan dan struktur manajemen kinerja. 
Kepala Bappeda juga mengatakan, Struktur Perencanaan Kebijakan (policy planning) adalah:
Prioritas, yaitu merupakan arah kebijakan untuk memecahkan permasalahan yang penting dan mendesak untulk segera dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu serta memiliki dampak yang besar terhadap pencapaian sasaran pembangunan, yang merupakan penjabaran dari visi dan misi Kepala Daerah terpilih sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Fokus prioritas, yaitu merupakan bagian dari prioritas untuk mencapai sasaran strategis yang dapat bersifat lintas Perangkat Daerah. Kegiatan prioritas, yaitu merupakan kegiatan pokok (kegiatan yang mutlak harus ada) untuk mendapatkan keluaran (output) dalam rangka mencapai hasil (outcome) dari fokus prioritas.
Kepala Bappeda juga menambahkan,
Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah Merevieu dan meningkatkan pemahaman tentang penyusunan dokumentasi perencanaan mempersiapkan system perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi OPD dapat menyajikan dokumen perencanaan ( Perubahan Renstra OPD mengacu kepada Perubahan Perda no 1 RPJMD tahun 2016-2021, dan Pemantapan Rencana Kerja Tahun 2020) yang baik, sinkron dan sesuai ketentuan perundang-undangan. 
Peserta kegiatan diklat ini berjumlah peserta 90 (sembilan puluh) orang yang terdiri dari pejabat dan staf PNS Perencanaan dari Dinas, Badan, Kecamatan dan Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara.
Untuk Muratara Bangkit ????????

Berita Lainnya


    KEPALA DINAS

    KEPALA DINAS
    Download
    Statistik

    010508

    Pengunjung hari ini : 2
    Total pengunjung : 2251
    Hits hari ini : 17
    Total Hits : 10508
    Pengunjung Online : 1
    Ip :
    Browser :
    LINK WEBSITE